Mari menjaga dan merestarikan lingkungan serta alam.

Penting nya menjaga dan merawat lingkungan..

Belakangan ini begitu sering terjadi nya bencana banjir dan tanah longsor di Indonesia, mulai dari yang baru-baru ini terjadi di Bogor tepatnya di Desa Cibunian, kecamatan pamijahan kabupaten bogor, Jawa barat bencana tersebut tewaskan 1 orang dan 1 orang lagi masih dalam pencarian tim sar, akibatnya jalur alternatif antara bogor dan sukabumi tertutup longsor, dampak lainnya yang di sebab kan longsor tersebut 70 rumah rusak dan 4 jembatan terputus, Kejadian tersebut sangat merugikan warga dan pengguna jalan yang melintas dari bogor menuju sukabumi dan sebalikny..

Begini lah kondisi bogor desa cibunian usai di terjang bandir bandang dan juga longsor, Begitu banyak sampah dan batang-batang pohon yang terseret hingga mengenai rumah-rumah pemukiman / penduduk, butuh sekiranya 3-4 bulan untuk membuat pemukiman tersebut kembali normal.

Dari sekian banyak nya berita tentang banjir dan tanah longsor tidak jauh penyebab nya di karena kan kurang nya kesadaran kita dalam merawat dan menjaga lingkungan ini, Maka dari itu semua kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga lingkungan ini dengan cara sederhana nya membuang sampai pada tempat nya, agar tidak terjadinya banjir, bergotong royong untuk membersihkan selokan agar air tetap mengalir tanpa adanya penyumbatan, dan menanami bibit-bibit pohon yang dapat mengurangi erosi atau bergeseran tanah yang mengakibat kan terjadi nya tanah longsor dan banjir bandang.

Jangan merusak alam dengan cara menebang pohon secara liar karena itu salah satu dampak buruk yang akan mengakibat kan terjadi nya bencana longsor dan banjir bandang tersebut, serta jangan membuang sampah sembarangan karena bisa membuat selokan sumbat yang mengakibatkan terjadi nya banjir, mari bersama-sama meningkatkan kesadaran kita terhadap lingkungan yang sehat, serta terus menjaga nya hingga ke anak cucu kita semua, Agar selalu tercipta nya udara yang sejuk asri dan nyaman untuk selalu di huni.Selain mengurangi terjadinya bencana alam, menjaga dan merawat lingkungan tentunya juga dapat mencegah kita dari penyakit salah satu nya seperti penyakit Asma yang di sebabkan karena udara kotor dan juga zat berbahaya, Adapun penyakit lainnya seperti typus, diare, hepatities, kanker paru-paru dan juga masih banyak. Jika kita bersama menjaga dan merawat lingkungan, maka kecil kemungkinan kita akan terkena bencana seperti longsor dan banjir, Manfaat menjaga dan melestarikan lingkungan juga banyak keuntungannya bukan hanya untuk kehidupan manusia, tetapi untuk kehidupan hewan-hewan dan tumbuhan sekali pun.

Dibawah ini beberapa manfaat menjaga dan melestarikan lingkungan:
1. Terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang jorok (tidak sehat)
2. Lingkungan akan terasa sejuk
3. Terhindar dari polusi udara
4. Air menjadi lebih bersih dan aman untuk diminum
5. Lebih sehat dan lebih asri serta lingkungan menjadi asri dan lebih hijau
6. Nyaman dalam menjalankan aktifitas sehari-hari
7. Lebih nyaman untuk pandang.

Begini lah contoh foto lingkungan yang terjaga dan terlestarikan, Sangat nyaman bukan? lingkungan yang bersih akan membuat kita nyaman untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, dan lingkungan yang bersih pasti nya membuat kita sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit. maka dari itu tetap lah merawat dan menjaga lingkungan untuk kehidupan yang lebih sehat lagi untuk kita semua, tak terkecuali anak-anak, remaja, dewasa, dan juga lansia.

Sudah sering sekali kita melihat lingkungan di sekitar kita kotor tidak bersih dan terawat itu karena kurang nya kesadaran kita semua untuk merawat serta menjaga lingkungan yang ada di sekitar kita ini, udara menjadi kotor serta rentan nya penyebaran penyakit seperti ISPA nah apa itu ispa? Ispa adalah infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh udara yang kotor gejala ini menimbulkan batuk pilek di sertai dengan deman, penyakit ispa ini dapat mudah menular dan dapat dialami siapa saja berdasarkan data WHO ispa adalah penyebab utama morbisitas dan mortalitas penyakit menular di dunia hampir empat juta orang meninggal karena ispa setiap tahun nya, 98% nya di sebab kan oleh infeksi saluran pernapasan bawah salah satu penyebab nya karena polutan udara. selain ispa ada juga penyakit ASMA yang disebab kan dengan polusi udara, Asma adalah jenis penyakit jangka atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan saluran pernapasan yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Penyempitan saluran pernapasan ini menghasilkan gejala asma seperti sesak napas, batuk, dan sesak dada, bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasan lebih kecil dibanding orang lain, ada juga penyakit lainnya seperti paru paru basah atau pheumonia, bronchopneumonia bahkan serangan jantung. Sebuah penemuan baru mengindikasikan bahwa menghirup udara yang terdiri dari polutan berbahaya, dapat menyebabkan aterosklerosis, suatu kondisi kardiovaskular. Aterosklerosis adalah penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan plak di dinding pembuluh darah.Seiring waktu, penumpukan plak di dalam dinding pembuluh darah akan mengentalkan arteri yang membatasi aliran darah, nutrisi, dan oksigen ke seluruh tubuh. Aterosklerosis dapat menyebabkan kejadian kardiovaskular yang lebih berbahaya, seperti penyakit jantung koroner atau penyakit arteri perifer, serta serangan jantung atau stroke.

Ayo kita semua harus kompak satukan kekuatan untuk merawat dan menjaga alam ini, seperti menanam vetiver atau akar wangi yang mempunyai manfaat baik bagi lingkungan, tanaman bambu, tanaman kemiri, dan tanaman lainnya yang bisa menjaga lingkungan tetap terjaga dan bisa pula mengurangi terjadi nya banjir dan tanah longsor yang baru-baru ini terjadi di bogor, jika nanti sudah terbiasa pasti anak-anak kita bakal mengikuti kebiasaan tersebut. ajar kan generasi mudah kita untuk merawat dan menjaga alam ini, karena mereka lah yang akan meneruskan semua tentang negri ini, Jadi, jika suatu saat kota kita kedatangan tamu spesial misal nya presiden, kota kita tampil tampak bersih nyaman sehingga membuat orang tertarik dan berlomba-lomba untuk menertibkan nya dikota-kota lainnya dengan beramai-ramai, indah bukan? Tentu saja seketika bumi kita tersenyum karena kita sebagai manusia menghargai nya dan menjaga nya. Mari bersatu untuk menjaga serta melestarikan lingkungan. #KITABISA..